Kejahatan Dunia Maya Bahayakan Kehidupan Negara

Kejahatan teknologi informatika di dunia maya sangat membahayakan komunikasi kemanusiaan. Pasalnya, pembajakan data yang bisa disalahgunakan untuk kepentingan negatif tertentu mampu merusak kehidupan bangsa dan negara.

“Terkuaknya pembajakan (penyadapan) surat elektronik Hilary Clinton saat jadi Menlu AS, dan kini  calon presiden Partai Demokrat, beredar luas itu membuktikannya. Bayangkan, data-data negara bangsa dan data kepresiden disadap lalu diubah, dihapus, atau dijadikan provokasi negatif negara lain,” ujar Agung Setia Bakti, Presdir Indoguard Cipta Kreasi (ICK), kepada wartawan di pameran Indo-Defence Expo & Forun 2016 di Hall A053 PRJ Kemayoran, Jakarta, Kamis (3/11).

Dijelaskannya, penyadapan atau pembajakan data itu juga berlaku bagi semua individu yang memakai TI canggih sekarang ini. Buktinya, ia mencontohkan, seringkali muncul ajakan atau keterangan dari nomor atau perusahaan yang menawarkan jasa dimana bisa diartikan nomor yang bersangkutan sudah dibajak/disadap. Pembajak/penyadap itu masuk lewat nomor kode handphone yaitu IMEI.

“Di sinilah pentingnya pengamanan data, bukan saja untuk pribadi melainkan juga untuk tempat usaha bahkan kantor pemerintahan” ungkapnya seraya memperkenalkan ke-8 pengamanan seperti SMS, VPN, radio, dan Sign-guard dengan sistem Enkripsi.

“Teknologi enkripsi inilah yang mampu memproteksi penyadapan/pembajakan data, yang terus kami kembangkan seiring kecanggihan TI.” (rinaldi/win)

http://poskotanews.com/2016/11/03/kejahatan-dunia-maya-bahayakan-kehidupan-negara/

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )