Sekolah Swasta di Solo Siapkan Skenario KBM New Normal

Persiapan sekolah menyongsong kegiatan belajar mengajar (KBM) new normal terus dilakukan. Tidak hanya sekolah negeri, swasta pun mulai menyiapkan sejumlah sarana prasarana (sarpras) sesuai protokol kesehatan.

Kepala SD Muhammadiyah 1 Ketelan Sri Sayekti mengatakan, persiapan sarpras dan skenario belajar mulai dilakukan. Sehingga ketika pemerintah memerintahkan masuk, sekolah sudah siap. Baik tempat cuci tangan, pembelajaran di dalam kelas, toliet, pengecekan suhu, dan lainnya. Bahkan skenario KBM sudah disiapkan.

“Pranata kerja diawali penyesuaian jam belajar. Kami sudah siapkan skenario KBM new normal. Di mana siswa hadir pukul 07.15 dan pukul 08.00. Guru pukul 07.00 kuliah tujuh menit (kultum). Orang tua wajib mengantar dan menjemput tepat waktu untuk menghindari kerumunan,” kata Sayekti.

Sayekti melanjutkan tahun pelajaran baru, siswa wajib menggunakan masker selama di sekolah. Bila dalam pengecekan ada guru atau siswa suhunya di atas 38 derajat celcius, tidak diperbolehkan masuk sekolah. Sekolah juga mewajibkan siswa menjaga kebersihan diri sesuai protokol kesehatan Covid-19.

“Jadwal masuk sekolah juga sudah kami siapkan. Jadi begitu ada imbauan masuk, sekolah sudah siap,” terangnya.

Apalagi fasilitas protokol pencegahan mulai ditambahkan. Seperti tiap pintu masuk gerbang diberi tempat cuci tangan dengan air mengalir. Melakukan cek suhu tubuh setiap masuk sekolah dan dilakukan pembagian masker saat masuk sekolah.

“Selama pandemi tidak ada jabat tangan, sebelum masuk melakukan pengukuran suhu tubuh. Untuk KBM masa kenormalan baru, satu kelas menempati dua lokal kelas. Dengan 50 persen siswa tatap muka dan 50 persen daring. Serta ada ekstrafasilitas cuci tangan 54 unit, toilet 33, kantin dan dapur ikut SOP,” imbuhnya.

Kepala SDII Al-Abidin Farida Nur’aini mengatakan, sarpras protokol pencegah Covid-19 sudah disiapkan. Mulai dari dua tempat cuci tangan di tiap kelas, toilet, pengecekean suhu, dan lainnya. Sedangkan skenario KBM new normal masih akan dibahas lebih lanjut.

“Kami sudah persiapan sarpras protokol kesehatan. Terkait mekanisme sesuai KBM tentu kan Kemendikbud. Tapi semua masih menunggu instruksi resmi. Jadi sifatnya baru persiapan saja,” katanya. (rgl/bun/ria) 

(rs/rgl/per/JPR)

SUMBER

https://radarsolo.jawapos.com/read/2020/06/01/196756/sekolah-swasta-di-solo-siapkan-skenario-kbm-new-normal

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )