Serah Terima Teknologi Tepat Guna (TTG) oleh Ketua LP2M Polisma kepada Paguyupan Petani Kopi Desa Ngadirejo Kabupaten Malang

Seri PTDM 2021

Serah Terima Teknologi Tepat Guna (TTG) oleh Ketua LP2M Polisma kepada Paguyupan Petani Kopi Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang

Oleh: Shafiq Nurdin

Alhamdulillah, Politeknik UNISMA Malang atau lebih dikenal dengan nama Polisma tahun 2021 lolos pengabdian yang diselenggarakan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Program Produk Teknologi yang Didiseminasikan kepada Masyarakat (PTDM) yang dikomando oleh bapak Novta dari prodi D4-TRKJ dan dibantu bapak Shafiq dari prodi D3-Teknik Mesin POLISMA bekerjasama dengan Bu Riski dari Prodi Matematika – UNIKAMA. Kegiatan PTDM tahun 2021 merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan perguruan tinggi, diantaranya dengan melakukan transfer ilmu pengetahuan dan teknologi berupa mesin Teknologi Tepat Guna (TTG), termasuk perawatan dan perbaikannya, Pelatihan Manajemen Produksi, dan Pemasaran produk yang dihasilkan.

Sebagai bagian dari Program PTDM tahun 2021, Bu Arianti Kusumawardhani, ST., MM sebagai Ketua LP2M POLISMA melakukan serah terima kepada para koordinator Paguyupan Kopi Purnama yang mewadahi ratusan petani kopi dengan didampingi perwakilan dari perangkat Desa dan masyarakat Ngadirejo, kec. Jabung, kab. Malang. “Harapan kami melalui program PTDM kopi yang berasal dari Ngadirejo bisa diolah menjadi produk jadi yang memiliki nilai tambah, sehingga menghasilkan peningkatan secara ekonomi dan kesejahteraan bagi para petani kopi. Program Pengabdian ini juga sebagai bagian dari bentuk tridarma perguruan tinggi dari POLISMA dalam transfer teknologi kepada masyarakat melalui Teknologi Tepat Guna (TTG)” ungkap bu Arianti yang disampaikan saat serah terima tersebut.

Produk TTG yang diberikan kepada petani kopi diantaranya: Oven Pengering Biji Kopi dengan Kapasitas 500 Kg/proses dengan menggunakan bahan bakar biomassa, Mesin Pemilah Biji Kopi dengan 3 tingkat dengan kapasitas 300-500 kg/jam, dan peralatan pendukung pengolahan biji kopi. Tidak lupa juga tim memberikan wastafel sebagai tempat cuci tangan untuk mendukung program pemerintah dalam menanggulangi Pandemi Covid 19. “Ucapan terima kasih disampaikan kepada Pemerintah melalui BRIN yang telah membantu dalam mendukung kegiatan pengabdian ini sehingga terlaksana dengan baik. Kedepan diharapkan perguruan tinggi terutama POLISMA secara berkelanjutan bekerjasama dengan petani dan masyarakat bersama-sama dalam penerapan dan aplikasi TTG guna menumbuhkan ekonomi dan kesejahteraan para petani dan masyarakat sekitarnya” harapan bu Arianti pada akhir kegiatan serah terima kepada petani kopi Ngadirejo.

www.kompasberita.com/08113610417

CATEGORIES

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )