Pentas Seni SMP 4 YPK Malang Semarakkan Pisah Kenang Siswa Kelas IX

Kegiatan pentas seni meramaikan acara pisah kenang siswa kelas IX SMP 4 YPK Malang di Jalan Ki Ageng Gribig 248 Kota Malang, Selasa (28/6/2022).

Acara yang  terinspirasi dari Wonderland Indonesia tersebut mengangkat tema Bersatu dalam Perbedaan. Ada tampilan tari dan lagu dari berbagai daerah di Indonesia.

Menurut Sabonoli Sarumaha STh atau akrab dipanggil Moses, ketua panitia “Pisah Kenang dan Pentas Seni” mengatakan, acara ini memiliki tujuan untuk melestarikan dan mengembangkan hasil karya seni dan budaya tradisional daerah.

“Siswa adalah pewaris seni dan budaya yang harus ikut mengembangkan dan menumbuhkan nilai yang tersimpan dalam setiap kesenian dan kebudayaan daerahyang lebih sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia,” jelas Moses pada suryamalang.com.

Sedang Dra Yani Hestiwiratih, Kepala SMP 4 YPK Jatim Malang bersyukur siswa kelas IX lulus 100 persen.

“Tujuan dari Pisah Kenang dan Pentas Seni ini juga sebagai sarana menghibur anak anak setelah belajar sepanjang tahun ajaran. Juga membangkitkan kebanggaan menjadi warga  Indonesia dengan keberagaman budaya di Indonesia,” kata dia.

Selain itu juga mengajarkan perbedaan merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Dikatakan, perbedaan bukan menjadi penghalang untuk bersatu.

“Karena kita sebagai warga negara Indonesia tentunya mengetahui semboyan negara kita yaitu “Bhineka Tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan,” tandasnya.

Pendeta Gusti Yosef Langke SH MA mewakili wali murid memberikan apresiasi atas prestasi anak.

Sebab ini merupakan praktik kegiatan bersama yang menyatukan antara pihak sekolah dan paguyupan orangtua. Sedang Pandu Putra Dewata, siswa kelas 9 yang lulus dari SMP ini  terkesan dengan acara ini.

“Sebab siswa bisa berekspresi agar berani tampil di depan umum, melatih kekompakan/kolaborasi antar siswa dan  pengembangan bakat dan minat siswa,” pungkas Pandu.

SUMBER

https://suryamalang.tribunnews.com/2022/06/28/pentas-seni-smp-4-ypk-malang-semarakkan-pisah-kenang-siswa-kelas-ix

CATEGORIES

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )