Wsiudawan Cumlaude itu Putri Buruh Jahit

AIR mata Agus Siswanto dan Mimin Jeminten menggenang. Hari ini tugas mereka memberikan pendidikan telah purna setelah putri bungsunya diwisuda secara daring dari rumah kontrakannya di Dusun Kemantren II, Semawung, Bagelen, Purworejo.

Pasangan suami istri yang bermatapencarian sebagai buruh jahit tersebutadalah orang tua dari Hesti Wulandari, mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNY yang lulus dengan IPK 3,87 berpredikat cumlaude.

Agus Siswanto berkisah, anak bungsunya sejak masih SMK sudah dipersiapkan untuk studi lanjut dengan diikutsertakan les mata pelajaran. “Awalnya anak saya ingin masuk ke STAN bagian pajak seperti kesukaannya, namun karena bukan rezekinya maka tidak diterima” kata Agus, Minggu (26/6/2022).

Akhirnya atas saran dari istrinya, Hesti mendaftar lewat jalur SBMPTN di UNY dan diterima. Pada awalnya tentu biaya kuliah menjadi kerisauan Agus dan Mimin. Namun dengan adanya beasiswa bidikmisi -yang sekarang dinamai KIP Kuliah- bagi siswa yang pandai namun dari keluarga kurang mampu, keluarga ini merasa tertolong.

Hesti Wulandari mengatakan bahwa informasi bidikmisi didapatkan dari para gurunya. Alumni SMKN 7 Purworejo itu mencari sendiri informasi tentang beasiswa ini karena mayoritas alumni sekolahnya memilih bekerja dan jarang yang menempuh studi lanjut. Hesti mengurus sendiri surat-surat yang diperlukan hingga memperoleh akses beasiswa bidikmisi. Gadis kelahiran 26 Januari 2002 tersebut memilih pendidikan Akuntansi UNY sebagai pilihan pertama kemudian Universitas Negeri Semarang dan Universitas Tidar Magelang.

SUMBER

https://yogyapos.com/berita-wsiudawan-cumlaude-itu-putri-buruh-jahit-7341

CATEGORIES

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )